Jumat, 29 Januari 2016

Supplier





Asam gelugur (Garcinia Cambogia) ada juga yang menyebut Tamarind adalah pohon penghasil asam potong atau asam keping. Asam potong diperoleh dari irisan buah asam gelugur yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari. Asam potong dimanfaatkan untuk bumbu masak, bahan perasa minuman, bahan dasar pengobatan dan bahan dasar kosmetika. Sebagian masyarakat Melayu pesisir mengolah buah asam gelugur ini menjadi manisan atau halwa untuk hidangan di hari raya.
Tumbuhan asam gelugur ini masih sekerabat dengan manggis dan asam kandis, dipercaya berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Asam gelugur dikatakan juga sebagai tumbuhan abadi, karena dapat bertahan hidup sampai ratusan tahun, dan berbuah semakin banyak. Satu batang tumbuhan asam gelugur yang sudah berumur lebih dari tiga puluh tahun dapat menghasilkan buah sebanyak empat ratus kilogram dalam setahun.
Menurut ukuran dan sifat buahnya, asam gelugur dibagi menjadi dua jenis : asam batu dan asam air. Asam batu buahnya kecil-kecil (diameter 7-10 cm), bersifat berat seperti batu, serta tekstur buahnya padat, liat dan cenderung kering. Satu kilogram asam potong berasal dari empat kilogram asam batu. Sedangkan asam air buahnya besar-besar (diameter 10-14 cm), tidak seberat asam batu, serta tekstur buahnya lebih renyah, kenyal dan berair. Satu kilogram asam potong berasal dari lima kilogram asam air.


Asam gelugur dipercaya berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Banyak tumbuh secara liar di peladangan dan halaman rumah. Salah satu vektor penyebarnya adalah hewan musang. Musang suka memakan biji asam gelugur yang rasanya asam agak manis. Kotoran musang yang berisi biji asam gelugur ini kemudian menjadi bakal bibit asam gelugur, yang mungkin akan tumbuh bila berada dalam kondisi yang ideal. Masa dormansi biji asam gelugur nyaris tidak ada. Biji asam gelugur dengan mudah dapat dikecambahkan dalam waktu beberapa hari saja. Daya tahan biji asam gelugur juga tidaklah lama, terutama dalam keadaan kering. Karena itulah, biji asam gelugur yang tersebar lewat hewan musang dan babi hutan umumnya hanya berhasil tumbuh pada musim penghujan.
Asam gelugur termasuk tumbuhan berumah tunggal. Artinya, pohon betina dan jantan ada dalam pohon yang berbeda. Di alam, jarang sekali ditemukan pohon asam gelugur yang murni jantan. Yang banyak adalah yang berkelamin ganda alias hermaprodit. Asam gelugur hermaprodit ini mampu menghasilkan bunga, namun akan gugur seluruhnya hingga tidak ada atau jarang sekali menghasilkan buah. Karena tidak menghasilkan buah, maka kebanyakan orang menyebutnya sebagai pohon asam gelugur jantan.




Dalam sebulan kami bisa memproduksi asam gelugur kering 5 sampai dengan 10 ton. 
Saat ini kami mensuplai permintaan dari dalam dan luar kota di Indonesia. Bahkan kami juga meyediakan permintaan dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
Jika anda ingin bekerja sama dengan kami untuk penyediaan asam gelugur dalam jumlah besar silahkan hubungi kami di :
Phone  ; 085361995433
Phone  ; 082363460852
BBM  ;  7C793695

6 komentar:

  1. lokasinya dimana pak, harga, cara pembayaran ? saya lagi butuh asam gelugur .
    123.feri@gmail.com

    BalasHapus
  2. lokasinya dimana pak, harga, cara pembayaran ? saya lagi butuh asam gelugur .
    123.feri@gmail.com

    BalasHapus
  3. Masih butuh asam glugur?
    Kemampuan produksi kami 300kg/hari, lokasi Medan.

    BalasHapus
  4. Jika berminat silahkan contact kami via email tptbobby@gmail.com

    BalasHapus